BAB
I
ALAT
DAN BAHAN
A.ALAT
|
No.
|
Nama
Alat
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Keterangan
|
|
1.
|
Counter
desk
|
Terbuat
dari kayu ,biasanya berbentuk persegi panjang , terletak di front office dan
terdapat alat tulis dan barang barang lainnya yang digunakan dalam proses
pemesanan kamar
|
1
unit
|
Digunakan
untuk menerima pemesanan kamar ,amandement , dan pembatalan reservasi juga
untuk penyampaian informasi
|
|
2.
|
Forcast
board
|
Papan
atau tabel keadaan kamar untuk masa yang akan datang (periode tertentu
)bentuknya menyerupai sebuah kalender , tanggal yang tertera mewakili
informasi tentang status kamar ,terbuat dari kayu dan hampir sama dengan
white board
|
1 buah
|
Untuk
memeriksa prosentase jumlah perkiraan kamar atau ketersediaan kamar dalam
periode tertentu atau dalam masa yang akan datang
|
|
3.
|
Rack
slip
|
Rak
yang terbuat dari besi dan mempunyai 31 kolom untuk tanggal , 12 kolom untuk
bulan ,dan 2 kolom untuk tahun berikutnya
|
1
buah
|
Digunakan
untuk menempatkan atau menyimpan reservation slip yang telah diisi data data
tamu yang akan tiba atau menginap dan mempermudah mengidentifikasi slip tamu
berdasrkan waktu check in
|
|
4.
|
Rack
sourtir
|
Rak
yang terbuat dari besi atau plastik dan bertingkat untuk memilah dan
menempatkan form yang masih kosong dan masih akan digunakan
|
2
buah
|
Digunakan
untuk menempatkan form form reservasi yang masih kosong dan akan digunakan
|
|
5.
|
Rack
ordner
|
Lemari
tanpa pintu yang biasanya terbuat dari kayu atau besi dan memiliki bagian
bagian untuk menyimpan ordner
|
1
buah
|
Digunakan
untuk menyimpan ordner agar pengarsipan rapi dan mudah dicari saat dibutuhkan
|
|
6.
|
Ordner
|
Map
yang berwarna hitam atau warna lainnya yang mempunyai sampul tebal ,memiliki
pengait untuk memasukkan kertas dan juga mempunyai pembatas atau guide
|
14
buah
|
Digunakan
untuk mengarsipkan form form reservasi yang telah diisi data data tamu yang
akan tiba / check in
|
|
7.
|
Filling
cabinet
|
Rak
yang terbuat dari besi (seng) ,terdiri dari 1 – 6laci dan setiap laci mampu
menampung 5000 arsip dalam bentuk hanging map
|
1
buah
|
Digunakan
untuk menyimpan form form reservasi yang berisi data data tamu dan tamunya
sudah check in
|
|
8.
|
Bolpoint
|
Alat
tulis yang terbuat dari plastik dan logam berisi tinta berbentuk panjang
|
1
buah
|
Digunakan
untuk menulis dan mengisi data data tamu pada form form reservasi dan
tentunya mencatat segala informasi /hal penting selama proses reservasi
|
|
9.
|
Pensil
|
Alat
tulis yang terbuat dari kayu dan berisi batu bara yang berbentuk kecil
memanjang
|
1
buah
|
Digunakan
untuk menulis atau mengisi data data tamu yang belumpasti dan untuk mengisi
conventional chart
|
|
10.
|
Tipe
- x
|
Alat
tulis yang terbuat dari plastik didalamnya terdapat cairan putih untuk
menghapus tulisan dari tinta
|
1
buah
|
Digunakan
untuk menghpus tulisan dari tinta yang salah
|
|
11.
|
Eraser
|
Alat
tulis yang terbuat dari karet untuk menghapus
tulisan pensil
|
1
buah
|
untuk
menghapus tulisan pensil yang salah
|
|
12.
|
Penggaris
|
Alat
tulis yang terbuat dari plastik / besi ,berbentuk persegi panjang dan
mempunyai satuan cm
|
1
buah
|
Digunakan
untuk mengisi garis pada coventional chart
|
|
13.
|
Perforator
|
Alat
yang terbuat dari besi , bagian luarnya plastik terdapat 2 pelubang
didalamnya dan mempunyai penekan agar kertas dapat terlubangi .
|
1
buah
|
Digunakan
untuk melubangi form form reservasin yang telah diisi data data tamu yang
akan tiba dan akan diarsipkan pada ordner
|
|
14.
|
Stapler
|
Alat
yang terbuat dari besi dan didalamnya terdapat pir sebagai penjepit staples
|
1
buah
|
Digunakan
untuk melubangi form form reservasi yang telah diisi data data tamu dan akan
diarsipkan
|
|
15.
|
Staples
|
Terbuat
dari alumunium ,kecil kecil ,memiliki sudut membentuk huruf U memanjang
|
1
pack
|
Digunakan
untuk mengisi stpler agar dapat digunakan membendel form form
|
|
16.
|
Calculator
|
Alat
hitung mekanik yang terbuat dari plastik dan terdapat tombol tombol angka
yang terbuat dari karet dan layar untuk menampilkan angka yangditekan dan
hasil yang didapat
|
1
buah
|
Mempermudah
dan mempercepat dalam penghitungan
transaksi transaksi yang dilakukan oleh tamu
|
|
17.
|
Stampel
hotel
|
Alat
yang terbuat dari kayu ,berbentuk menyerupai huruf T dan dialasi sejenis kain
halus dengan gambar atau logo hotel
|
1
buah
|
Digunakan
untuk menyetempel / memberi tanda form form reservasi yang berisi data data
tamu yang akan diarsipkan ataupun yang tidak
|
|
18.
|
Stamp
pad
|
Alat
yang terbuat dari plastik dan dilengkapi dengan bantalan kain yang empuk
|
1
buah
|
Digunakan
untuk menampung tinta yang akan dipakai untuk menyetempel
|
|
19.
|
Date
and time stamp
|
Terbuat
dari kayu , berbentuk menyerupai huruf T terbalik , dilengkapi dengan
bantalan karet yang terpisah dari besi , terdapat tanggal , bulan ,dan tahun
(6 digit)
|
1
buah
|
Digunakan
untuk menyetempel atau memberi tanda tanggal waktu pada cash receipt
|
|
20.
|
Telephone
|
Alat
elektronik yang terbuat dari plastik yang berbentuk kotak dan dilengkapi
tombol tombol angka , gagang telephone ,speaker
|
1
buah
|
Digunakan
sebagai alat komunikasi antara petugas dengan calon tamu maupun antar
departement lain
|
|
21.
|
Tinta
|
Cairan
berwarna warni yang dikemas pada botol
plastik dan untuk mempermudah pengisian (penuangan)terdapat pipet tetes
|
4
buah – 5 buah
|
Untuk
mengisi tinta pada board marker ataupun stamp pad
|
|
22.
|
Board
marker
|
Alat
tulismenyerupai bolpoint tetepi berukuran lebih besar ,yang didalamnya
terdapat busa / gabus sebagai wadah tinta .Berwarna warni hitam , merah
,hijau ,biru
|
4
buah
|
Menulis
pada fprcast board agar mudah penandaannya menurut ketersediaan kamar
|
|
23.
|
Stamp
house
|
Terbuat
dari kayu bagian atas berbentuk oval dan bagian tepi berlubang (berongga)
|
1
unit
|
Untuk
menempatkan stampel (menggantungkan ) agar rapi
|
|
24.
|
House
bank
|
Terbuat
dari besi , berbentuk menyerupai brankas uang , bagian didalamnya bersekat
dan dibagian luar mempunyai bagian untuk memutar sandi atau kode pengaman
agar bisa untuk dibuka
|
1
buah
|
Menyimpan
uang cash ketika tamu melakukan pembayaran maaupun uang cassh milik hotel
yang digunakan sebagai kembalian
|
|
25.
|
Brosur
stand
|
Rak
penampung brosur yang terbuat dari plastik dan ada yang bisa berdiri
|
2
buah
|
Untuk
menempatkan brosur hotel dan brosur pariwisata yang diletakkan diatas front
desk
|
|
26.
|
Hanging
map
|
Terbuat
dari kertas tebal mempunyai tangkai agar dapat menggantung , map ini
mempunyai daun penutup
|
20
buah sejumlah kamar hotel , 26 buah untuk abjad nama tamu
|
Untuk
menempatkan form form yang sudah pasif misal : slip reservation , reservatin
form , confirmation letter , cash receipt , dll. Untuk tamu yang sudah check
in
|
|
27.
|
House
pan
|
Bisa
terbuat dari kayu ,plastik ,besi , berbentuk
balok (kotak),oval (tabung) atau lainnya
|
1
buah
|
Untuk
menempatkan semua alat tulis yang digunakan selama operasional , agar rapi
dan tidak tercecer dimana mana
|
|
28.
|
Rautan
|
Mempunyai
berbagai macam bentuk , didalamnya terdapat pisauyang tajam untuk
meruncingkan pensil
|
1
buah
|
Umtuk
meruncingkan pensil
|
B.BAHAN
|
No.
|
Nama
bahan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Keterangan
|
|
1.
|
Conventional
chart
|
Tabel
yang terbuat dari kertas berangkap berisi bulan , nomor kamar ,dan type kamar
yang berfungsi untuk mengisi dan mengetahui kamar yang terisi dan kamar yang
masih kosong ataupun kamar yang sudah dipesan
|
1
set
|
Digunakan
untuk mengisi dan mengetahui kamar yang terisi dan kamar yang sudah dipesan
pada suatu hotel dengan jumlah kamar yang kecil / sedikit
|
|
2.
|
Anvelope
|
Amplop
berwarna putih , berukuran kecil dan berlogo hotel
|
1
buah
|
Digunakan
untuk wadah cash receipt yang asllisebelum diserahkan kepada tamu
|
|
3.
|
Brosure
hotel dan room rate
|
Bahan
yang terbuat dari kertas berbentuk persegi panjang dan didalamnya terdapat
keterangan fasilitas yang ada dihotel seperti restaurant , hall ,(hotel
facility),type kamar ,harga kamar , serta fasilitas kamar
|
1
pasang
|
Menunjukkan
kepada tamu yang belum mengetahui fasilitas , type kamar , harga serta
fasilitas yang ada dikamar
|
|
4.
|
Brosure
pariwisata
|
Terbuat
dari kertas dan berbentuk persegi panjang dan didalamnya terdapat keterangan
juga gambar yentang potensi pariwisata kota setempat
|
1
buah
|
Menunjukkan
kepada tamu tentang informasi wisata kota setempat
|
|
5.
|
Reservation
form
|
Berbentuk
lembaran dan berlogo hotel yang berisi nama tamu yang memesan dan yang
menginap juga informasi informasi
tentang data tamu lainnya yang dibutuhkan pada proses reservasi
|
1
lembar
|
Digunakan
untuk mendata informasi penting dari tamu saat melakukan pemesanan kamar
|
|
6.
|
E.A
list
|
Form
yang terbuat dari kertas , berkolom dan berisi data data tamu yang diharapkan
tiba
|
1
lembar
|
Digunakan
untuk memuat daftar dan data data tamu yang diharapkan tiba pada hari itu.
|
|
7.
|
Reservation
slip
|
Form
yang berisi data data tamu dan terdiri dari 4 warna yaitu pink ,untuk tamu
VIP, hijau untuk tamu rombongan , kuning untuk tamu travel agent ,dan biru
untuk tamu personal.Form ini diarsipkan pada rack slip
|
4
lembar
|
Digunakan
untuk mencatat data data tamu secara singkat , serta untk panduan singkat
yang diambil untuk mengecek data tamu pada saat tamu akan check in . Juga
untuk menggolongkan jenis tamu agar mudah menangani operasionalnya
|
|
8.
|
Confirmation
letter
|
Form
yang berisi data data tamu dan keterangan keterangan bahwa tamutelah
menyepakati konfirmasi yang telah dilakukan petugas setelah tamu melakukan
reservasi dan sebelum tamu datang ke hotel (c/o)
|
1
lembar untuk 1 kali pemesanan
|
Digunakan
untuk mengkonfirmasi kepastian tiba atau tidaknya tamu ke hotel
|
|
9.
|
Cash
receipt
|
Kertas
berharga ,berangkap berisi tentang tanda bukti pembayaran tamu . lembar
pertama untuk tamu ,lembar kedua (hijau) disimpan oleh hotel
|
1
rangkap untuk 1kali pembayaran
|
Digunakan
sebagai tanda bukti tamu telah melakukan pembayaran atau uang muka ,pelunasan
dll
|
|
10.
|
Bloc
knote
|
Terbuat
dari kertas,berbentuk kecil dan muat di saku
|
1
buah
|
Digunakan
untuk mencatat hal hal penting agar tidak lupa
|
|
11.
|
Kalender
|
Kumpulan
beberapa kertas persegi ,memiliki atau berisi tanggal ,hari,bulan ,tahun,yang
memuat informasi informasi
|
12
lembar
(januari
– desember)
|
Digunakan
untuk melihat tanggal ,hari. Bulan ,tahun pada saat melihat waktu c/I ,c/o
atau waktu lainnya.
|
BAB II
RESERVATION PROCEDURE
·
Prepayment
·
Credeit card
·
Advance deposit
·

|
|
|
|
BAB III
PENJELASAN ALUR KERJA
1. RESERVASI
adalah proses pemesanan kamar atau tempat yang
diinginkan calon tamu untuk periode tertentu. Reservasi memiliki fungsi yang
sangat fital, karena tinggi rendahnya tingkat hunian kamar ditentukan oleh
kemampuan petugas reservasi dalam menangani pemesanan kamar dihotel. Seorang
petugas harus memiliki kemampuan tentang dasar-dasar reservasi bagaimana
menjualnya dan teknik penjualan.
a. Ada beberapa tugas dan tanggung
jawab seorang petugas reservasi adalah :
Ø Menerimaa
dan memproses pemesanan kamar.
Ø Memperoleh
data dengan hubungan permintaan untuk penanganan secara akurat.
Ø Menjual
dan mempromosikan produk hotel dengan teknik penjualan yang baik dan benar.
Keberadaan reservasi juga memberi manfaat bagi hotel
ataupun bagi tamu itu sendiri. Ada beberapa manfaat yang diperoleh hotel dengan
adanya sistem reservasi adalah :
Ø Hotel
akan mendapat informasi dari calon tamu sebelum tamu tiba. Sehingga pihak hotel
dapat mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan tamu pada saat check in.
Ø Hotel
dapat membloking kamar, sehingga tingkat hunian kamar dapat diketahui pada
jangka waktu tertentu.
Ø Hotel
dapat memperkirakan pengaturan kebutuhan dan pelayanan kepada pihak tamu.
Dalam
reservasi terdapat beberapa klasifikasi antara lain adalah :
a. Individual
reservation : adalah pemesanan kamar yang dilakukan sendiri oleh calon tamu
untuk dirinya sendiri, pasangan atau keluarga.
b. Group
reservation : adalah pemesanan kamar
yang dilakukan oleh suatu agen perjalanan atau perusahaan.
c. Conference
reservation : adalah pemesanan yang dilakukan oleh suatu rombongan kerja yang
akan melakukan pertemuan dihotel.
Reservasi
dapat diketahui dari berbagai media pemesanan dan sumber-sumber tertentu. Yang
paling sering digunakan adalah pemesanan melalui telephone, karena cara ini
adalah cara yang paling mudah dilakukan
oleh siapapun serta menghemat waktu. Adapun media pemesana yang lain adalah:
·
Letter / surat
·
Telex
·
Fax
·
email
reservasi juga dapat diperoleh dari
beberapa sumber pemesanan. Dalam hal ini yang dimaksud adalah asal usul datangnya
pemesanan kamar, antara lain adalah :
·
Perusahaan
·
Biro perjalanan
·
Airlines compaines
·
Kantor pemerintah
·
Tamu hotel
·
Individual reservation
·
Car rentar
SELF PREPARATION
Sebelum memasuki hal yang lebih jauh tentang
reservasi, alangkah baiknya jika kita sebagai seorang petugas reservasi
mengetahui tentang persiapan diri yang harus dilakukan dan disiapkan. Ada
beberapa persiapan yang harus diperhatikan dan dipersiapkan adalah :
a. Persiapan
fisik/ penampilan
Adalah
persiapan diri pada tubuh seseorang petugas reservasi agar tetap tampil prima
saat harus berhadapan langsung dengan tamu.
Yang
harus dilakukan adalah :
·
Wajib mandi minimal 2x sehari.
Kebersihan gigi juga harus dijaga.
·
Kebersihan rambut juga harus
diperhatikan. Hal ini dilakukan agar selalu tampak bersih dan segar saat
berhadapan dengan tamu.
·
Memakai deodorant dan pengharum badan
atau parfum yang wanginya tidak menyengat.
b. Persiapan
psikis.
Adalah
persiapan diri dalam dalam diri seorang petugas reservasi atau biasa disebut
persiapan mental. Persiapan ini dilakukan untuk menghindari kinerja yang kurang
profesional, yang perlu diperhatikan adalah :
·
Jujur
·
Sopan dan santun
·
Ramah tamah
·
Suka membantu
·
Disiplin
·
Tenang
c. Persiapan
alat pribadi
Adalah
persiapan alat-alat pribadi yang harus dibawa seseorang petugas reservasi dalam
melakukan tugasnya. Alat digunakan sebagai penujang antar lain :
·
Bolpoint
·
Buku catatan kecil
·
Name tag
·
Jam tangan
d. Persiapan
alat dan bahan
Persiapan
yang harus diperhatikan sebelum petugas reservasi memulai pekerjaanya adalah
persiapan alat, petugas reservasi harus menyiapkan alat-alat yang akan
digunakan padasaat bekerja, untuk menghindari adanya kurang siap dan lain-lain
2. CHECK
THE AVAILABLE OF ROOM
Adalah
tahap pengecekkan ketersediaan kamar hotel. Tahap ini dilakukan sesaat kita
sebagai petugas reservasi mendapat informasi tentang tanggal kedatangan dan
keberangkatan dari calon tamu saat terjadi proses pemesanan. Pengecekkan ini
dapat room forcashboard, reservation chart, ataupun computer system.
2.1 ROOM
FORCASH BOARD
Forcash board adalah table keadaan
kamar untuk masa yang akan datang, bentukanya menyerupai sebuah kalender, papan
data ini biasanya ditampilkan dalam priode 4 bulan kedepan dan tanggal tertera
mewakili informasi tentang status kamar sesuai
warna sebagai tanda statusnya. Cara pengisianya adalah memberi warna
sesuai dengan tingkat hunian kamar pada hari itu dengan warna yang telah
ditentukan oleh hotel. Terdapat beberapa ketentuan tingkat hunian kamar yaitu
kamar kecil terjual, lebih dari 50% kamar yang telah pesan, kurang lebih 90%
kamar yang dipesan dan kamar tersedia.
2.2 RESERVATION
CHART
Reservation chart adalah table
pemesanan kamar yang digunakan untuk menampilkan dan mendata kamar yang tersedia.
Reservation chart biasa digunakan untuk hotel kecil yang jumlah kamarnya tidak terlalu banyak. Conventional chart ini
memiliki keelebihan dan kekuranagan, antara lain adalah:
ü Kelebihan
·
Nomor kamar dapat ditentukan atau
diketahaui oleh tamu sebelumn tamu tiba.
·
Lebih mudah untuk melihat kamar yang
masih tersedia dan dapat dijual.
·
Nama para tamu bisa dilihat dengan
jelas.
ü Kekurangan
·
Kelebihan pemesanan kaar tidak bisa
diperlihatakan.
·
Memerlukan waktu lama dalam memasukkan
atau merubah data.
ü Cara
pengisian conventional chart adalah :
·
Pengisian dan perubahan dilakukan dengan
pensil.
·
Perhatikan nomor kamar yang akan
dialokasikan sebelum melakukan konfirmasi.
·
Pemberian tanda alokasi dengan tanda
strip anak panah.
·
Pemberian tanda dimulai dari tanggal
check in hingga tanggal check out dengan memberi tanda (.) terlebih dahulu pada
kedua tanggal tersebut. Baru diberi garis lurus dengan menggunakan penggaris
·
Penulisan yang ditulis pada atas garis
panah hanya surname atau nomor folio.
·
Bila dapat pemesanan pendek misalnya
hanya satu sampai dua hari, cukup ditulis dengan nomor folio [F2, F3, dst]
·
Diadakan perbaikan table bila terjadi
perubahan pembatalan. Dengan cara menghapus tanda strip anak panah hingga
bersih dan memasukan data baru tanpa mengganti nama dan nomor folio.
·
Keluarkan dari table bila terjadi
pembatalan.
2.3 COMPUTER
SYSTEM (VDU)
Adalah system dimana table keadaan
kamar telah ditampilkan melakui komputer, hal ini dilakukan agar data tetap
terjaga dan akurat.
3.
ROOM
NOT AVAILABLE
Setelah melakukan pengecekan
ketersediaan kamr, jika kamar tidak tersedia, maka kita sebagai petugas
reservasi harus dapat memberikan pilihan lain kepada calon tamu, kamar tidak
tersedia dikarenakan pada hari atau tanggal yang telah ditentukan, kamar telah
habis terjual.
4. ALTERNATIVE
Sesaat
setelah mengetahui kamar yang diinginkan calon tamu tidak tersedia, maka
langkah yang dilakukan selanjutnya adalah memberi alternative lain kepada calon
tamu, atau biasa dikatakan dengan mempertahankan tamu agar tetap menginap
dihotel dengan berbagai pilihan dan saran-saran yang kita berikan. Alternative
yang diberikan adalah :
ü Other
room type adalah penawaran pertama yang diberikan dengan type kamar yang lain.
ü Other
periode adalah pemberian alternative dengan menawarkan periode lain atau lain
waktu.
ü Room
changes adalah pemberian pilihan untuk pindah kamar
ü Waiting
list atau daftar tunggu, setelah beberapa pilihan tidak ada yang diterima oleh
calon tamu
ü Other
hotel atau hotel lain, ini adalah pilihan terakhir jika tamu benar-benar tidak
menghendaki tentang alternative yang kita berikan.
5.
DENY REQUEST
Bila segala pilahan altenative yang diberikan hotel tidak diterima tamu, maka pemesanan kamar akan ditolak dengan alasan tertentu. Alasan mengapa pemesanan kamar yaitu :
Bila segala pilahan altenative yang diberikan hotel tidak diterima tamu, maka pemesanan kamar akan ditolak dengan alasan tertentu. Alasan mengapa pemesanan kamar yaitu :
a)
Hotel dapat memberikan
permintaan-permintaa calon tamu, seperti jenis kamar, tanggal yang diminta dan
fasilitas lainnya.
b)
Hotel mengalami fully booked atau kamar
penuh,sehingga pemesan kamar yang masuk tidak dapat diterima.
c)
Calon-calon tamu yang sebelumnya telah
diketahui memiliki reputasi yang buruk sebagai tamu di masa lalu di hotel
tersebut. Misalnya ada permasalahan mengenai pembayaran rekening atau kasus
lain yang dianggap merugikan pihak hotel.
6.
ROOM AVAILABLE
Namun jika kamar tersadia dan alternative yang diberikan diterima oleh tamu maka selanjutnya petugas reservasi menanyakan tentang data-data tamu dan cara tamu akan melakukan pembayaran. Reservasi dapat dikatakan bergaransi apabila telah memberikan jaminan.
Namun jika kamar tersadia dan alternative yang diberikan diterima oleh tamu maka selanjutnya petugas reservasi menanyakan tentang data-data tamu dan cara tamu akan melakukan pembayaran. Reservasi dapat dikatakan bergaransi apabila telah memberikan jaminan.
7.
NON GUARANTEED
Suatu pemesanan yang tidak disertai jaminan apapun. Pihak hotel hanya memastikan kamar yang telah dipesan tersedia sampai batas waktu yang telah ditentukan saat tanggal kedatangan. Biasanya batas waktu tersebut adalah apukul 18.00 WIB. Apabila tamu tidak datang sampai dengan batas waktu maka pemesanan dianggap batal. Suatu pemesanan kamar yang disertai dengan jaminan disebut Guaranted.
Suatu pemesanan yang tidak disertai jaminan apapun. Pihak hotel hanya memastikan kamar yang telah dipesan tersedia sampai batas waktu yang telah ditentukan saat tanggal kedatangan. Biasanya batas waktu tersebut adalah apukul 18.00 WIB. Apabila tamu tidak datang sampai dengan batas waktu maka pemesanan dianggap batal. Suatu pemesanan kamar yang disertai dengan jaminan disebut Guaranted.
8. GUARANTEED
Guaranted adalah suatu pemesanan kamar yang disertai dengan pemberian garansi yang dilakukan oleh tamu kepada pihak hotel. Hal ini dilakukan untuk mendapat kepastian dari pihak hotel agar pemesanan kamar yang dilakukan serta memberi jaminan agar hotel tidak mengalami kerugian dan agar tamu benar-benar mendapat kamar. Ada beberapa jaminan atau garansi yaitu :
Guaranted adalah suatu pemesanan kamar yang disertai dengan pemberian garansi yang dilakukan oleh tamu kepada pihak hotel. Hal ini dilakukan untuk mendapat kepastian dari pihak hotel agar pemesanan kamar yang dilakukan serta memberi jaminan agar hotel tidak mengalami kerugian dan agar tamu benar-benar mendapat kamar. Ada beberapa jaminan atau garansi yaitu :
·
Prepayment
Adalah
pembayaran yang dilakukan oleh calon tamu untuk sejumlah kamar dan fasilitas
yang dipesan selama tinggal dihotel sebelum calon tamu tersebut menggunakan
kamar dan fasilitas tersebut.
·
Credit card
Adalah
jaminan pemesanan kamar dengan menggunakan kartu kredit pembayaran dengan
jaminan ini dilakukan oleh tamu dan bukti pembayaran yang berupa stuk diberikan
kepada petugas reservasi dan akan menukarnya dengan cash receipt pada tamu.
·
Advance deposit
Adalah
pembayaran yang dikirimkan atau dibayarkan pada calon tamu kepada pihak hotel
dengan jumlah tertentu, paling sedikit harga kamar atau lebih. Dan jumlahnya
kurang dari harga kamar secara keseluruhan.
·
Contractual agreement
Adalah
suatu kontrak perjanjian yang biasanya dilakukan antara pihak hotel dan
perusahaan terkait. Dalam perjanjian tersebut biasanya dilengkapi oleh
guaranted letter atau surat garansi yang mempunyai surat berharga yang dapat
ditukar pada hotel yang telah mengadakan kesepakatan.
·
Travel agent
Voucher
adalah jaminan pemesanan kamar yang dilakukan oleh pihak biro perjalanan yang
jaminanya berupa voucher.
9. FIIL
IN RESERVATION FORM
Setelah tamu benar-benar akan menginap dihotel , langkah selanjutnya mengisi reservation form,, reservation form adalah formulir yang digunakan untuk mencatat data tentang pemesanan kamar. Kemudian mengisi reservation slip dan konfirmasi pada tamu, pengisian reservation form juga harus sesuai data dan identita tamu.
Setelah tamu benar-benar akan menginap dihotel , langkah selanjutnya mengisi reservation form,, reservation form adalah formulir yang digunakan untuk mencatat data tentang pemesanan kamar. Kemudian mengisi reservation slip dan konfirmasi pada tamu, pengisian reservation form juga harus sesuai data dan identita tamu.
10. FIIL
IN RESERVATION SLIP OR DIARY
Setelah selesai pengisian room reservation, yang selanjutnya dilakukan pengisian reservation slip. Reservation slip memiliki arti yaitu formulir kecil yang digunakan untuk mencatat data pemesanan kamar secara singkat dan akan diletakkan di reservation rack
Setelah selesai pengisian room reservation, yang selanjutnya dilakukan pengisian reservation slip. Reservation slip memiliki arti yaitu formulir kecil yang digunakan untuk mencatat data pemesanan kamar secara singkat dan akan diletakkan di reservation rack
Dalam reservasi slip ini , ada
beberapa warna yang membedakan yaitu:
·
Warna merah : untuk tamu jenis VIP
·
Warna kuning : untuk tamu dari travel
·
Warna hijau : untuk tamu dari perusahaan
·
Warna biru : untuk tamu perseorangan/
tamu biasa
Dalam
meletakkan reservation slip juga harus diperhatikan yaitu sesuai dengan warna
atau jenis tamu, kronologi kejadian, tanggal bulan tahun, atau sebaliknya,
abjad dari nama tamu.
11. INPUT
COMPUTER SYSTEM
Computer sistem adalah waktu dimana kita sebagai petugas reservasi memasukkan data yang ada pada komputer sesuai dengan yang sebenarnya. Lakukan dengan hati-hati dan teliti. Hal ini dilakukan untuk menjaga data agar tetap akuran dan untuk menghindari bila ada hal yang tidak diinginkan seperti hilang, dll.
Computer sistem adalah waktu dimana kita sebagai petugas reservasi memasukkan data yang ada pada komputer sesuai dengan yang sebenarnya. Lakukan dengan hati-hati dan teliti. Hal ini dilakukan untuk menjaga data agar tetap akuran dan untuk menghindari bila ada hal yang tidak diinginkan seperti hilang, dll.
12. ROOM
RESERVATION CHART
setelah semua proses data selesai, hal yang dilakukan selanjutnya ialah melanjutkan pencatatan pada hal reservasi. Seperti pada reservation form, pada reservation slip, conventional chart.
setelah semua proses data selesai, hal yang dilakukan selanjutnya ialah melanjutkan pencatatan pada hal reservasi. Seperti pada reservation form, pada reservation slip, conventional chart.
13. CONFIRMING
RESERVATION
Tahap ini dilakukan saat semua
proses pemesanan kamar selesai
dilakukan. Sebagai petugas reservasi kita harus melakukan pengulangan pemesanan
/ memastikan bahwa tamu benar-benar menginap dihotel. Formulir yang digunakan
adalah confirmation letter, lakukan dengan teliti untuk menghindari salah memasukan data
konfirmasi dilakukan setelah tanggal pemesanan dan sebelum tanda check in.
14. MAINTAINING
RESERVATION RECORD
Suatu proses yang dialkukan
reservasi saat semua proses yang dilakukan selesai. Maintaining reservation
record artinya suatu proses mengatur dan melaksanakan pengarsipan
dokumen-dokumen pemesanan kamar. Dalam hal pelaksanaan pengarsipan ini tidak
hanya formulir pemesanan yang aktif saja, tapi juga data yang ada pada saat
penolakkan tamu.
15. FILLING
BOOKING
Setelah melakukan pencatatan,
seluruh data reservasi pada formulir reservasi kegiatan penting lainya adalah
mengarsipkan dokume pemesanan kamar. Semua formulir pemesanan kamar disimpan
pada ordner sesuai tanggal kedatangan. Hal yang harus diperhatikan saat
mengarsipkan pada ordner adalah :
·
Sebelum memasukkan pada ordner , bendel
menjadi satu dengan menggunakan stapler, dengan urutan reservation form berada
dibagian atas, kemudian confirmation
letter bila ada, dan selanjutnya adalah cash receipt bila tamu memberi DP.
·
Selanjutnya adalah melubangi kertas atau
formulir yang telah distapler. Dengan cara melipatnya menjadi 2 bagian dengan
benar dan sama lebar antar lipatan tersebut. Masukkan formulir tersebut
pada porforator dan tekan porforatornya,
sehinga kertas dapat telubangi.
·
Masukan pada ordner sesuai tanggal. Buka
penjepit tengahnya lalu masukkan formulir yang telah dilubangi dengan hati-hati
agar tidak robek.
Semua formulir pemesanan kamar dibedakan dan
diarsipkan berdasarkan kategori sebagai berikut:
·
Today’s arrival : arsip untuk seluruh
dokumen yang berhubungan dengan tamu yang akan tiba pada tanggal yang telah
ditentukan, kemudian dari dokumen tersebut dipilah-pilah kembali menjadi 2 sub
section :
a. Profesional
booking and inquiries: adalah seluruh pemesanan kamar yang bersifat sementara,
seluruh dokumren yang berhubungan dengan pemesanan kamar yang belum
dikonfirmasi. Pemesanan pada kelompok
ini sering kali mengalami pembatalan atau tidak hadirnya tamu pada saat tanggal
kedatangan.
b. Confirmed
bookings: seluruh dokumen yang berkenaan dengan pemesanan kamar yang telah
dikonfirmasi oleh petugas dan calon tiba pada tanggal kedatangan.
·
Past bookings : adalah seluruh dokumen
yang berhubungan dengan tamu yang memiliki pemesanan kamar sebelumnya dan telah tiba dan serta tinggal dihotel. Seluruh dokumen ini
akan disimpan sebagai informasi untuk masa yang akan datang dan disusun
berdasarkan kronologi arsip.
16. MODIFYING
BOOKING
Terkadang sebuah pemesanan kamar
mengalami perubahan ataupun pembatalan yang diminta oleh calon tamu. Perubahan
ini dilakukan dengan alasan tertentu, perubahan ini dapat berupa :
·
Perubahan tanggal kedatangan dan
keberangkatan.
·
Perubahan jenis kamar.
·
Penambahan dan pengurangan jumlah tamu
serta jumlah kamar.
·
Perubahan harga kamar.
Jika terjadi perubahan,
langkah-langkah yang dilakukan adalah :
a. Mengambil
data pemesanan yang telah dilakukan.
b. Mengisi
perubahan pada reservation form dengan memberi tanda centang pada kotak
amandement.
c. Membuat
perubahan pada table pemesanan kamar dengan menghapus terlebih dahulu garis
sebelumya.
d. Mengubah
slib yang lama dengan slip yang baru.
e. Menyimpan
kembali pada ordner sesuai tanggal tiba yang baru.
17. COMPELITING
RESERVATION
Adalah suatu proses melengkapi
formulir pemesanan kamar dengan expected arrival list atau daftar tamu yang
diharapkan tiba. Pembuatan E.A list ini sangat berguna dengan departemen lain
yaitu untuk melakukan persiapan mana kala ada permintaan yang diinginkan tamu.
BAB
IV
LAMPIRAN
1.
Confirmation
Letter
|
TO :.........................
................................
................................ DATE :………………
CONFIRMATION LETTER
We have
the pleasure to confirm your reservation as follows
Name of Guest :
Date of
Arrival : at by
Date of
Departure : at by
No. of Room :
No. Of
Person :
Room Rate :
Methode
of Payment :
Remarks :
Confirmation No :
Our check out
time is 13:00 noon
Reservtion will be help until 06:00 p.m unless a late
arrival time is specified
We look
forwad to welcoming to Green Peta Hotel
Your
Sincerely,
……………………………
Keterangan :
1.
To : identitas tamu
2.
Date : tanggal kedatangan
3.
Name of the guest : nama tamu yang
menginap
4.
Date of arrival : tanggal kedatangan
At : perkiraan waktu kedatangan
By : kendaraan yang digunakan saat datang ke hotel
At : perkiraan waktu kedatangan
By : kendaraan yang digunakan saat datang ke hotel
5.
Date of departure : tanggal
keberangkatan
At : perkiraan
At : perkiraan
By
: kendaraan yang digunakan saat melakukan keberangkatan
6.
No of room : jumlah kamar
7.
Noof person : jumlah tammu yang menginap
8.
Room rate : harga kamar per malam
9.
Methode of payment : cara pembayaran
10.
Remark : special request tamu
11.
Confirmation no : nomor folio
12.
Your sincerely : tanda tangan petugas
2. Expected Arrival List

Keterangan :
1.
Date : tanggal kedatangan
2.
No : nomor urut tamu
3.
Guest name :diisi nama tamu yang
menginap
Individual : tamu yang menginap sendiri
Group : tamu yang menginap dari company atau perusahaan
VIP : tamu yang menginap dikategorikan tamu penting
Room requirement : type kamar yang dipesan tamu
Individual : tamu yang menginap sendiri
Group : tamu yang menginap dari company atau perusahaan
VIP : tamu yang menginap dikategorikan tamu penting
Room requirement : type kamar yang dipesan tamu
4.
Room assigment : nomor kamar yang
ditempati tamu
5.
Remark : catatan penting / permintaan
khusus tamu sebelum tamu tiba
6.
Arrival time /by :jam perkiraan tammu
datang / alat transportasi yang digunakan tamu
7.
Departure date / time : tanggal
perkiraan keberangkatan / waktu berangkat dari hotel
3.Reservation
Slip
![]() |
Keterangan :
1.
No / initial : diisi sesuai nomor folio
pada room reservasi
2.
Arr : tanggal kedatangan tamu
3.
Name : nama tamu yang menginap
4.
Dept : tanggal keberangkatan tamu
5.
ETA : perkiraan waktu kedatangan
By : alat transportasi yang digunakan
By : alat transportasi yang digunakan
6.
Cross reference : nama tamu yang ikut
dalam satu kamar tapi bukan keluarga
7.
ETD : perkiraan waktu keberangkatan
8.
Rate : harga kamar per malam
STD : Standart
SPR : Superior
DLX: Deluxe
EXST : Exsecutif
SPD : Supriyadi
STD : Standart
SPR : Superior
DLX: Deluxe
EXST : Exsecutif
SPD : Supriyadi
9.
Reserve by : nama tamu yang memesan
10.
Addres / telp / fax : alamat , nomor ,
telephone , dan nonor fax yang bisa dihubungi
11.
Account : cara pembayaran
12.
Remark : permintan khusus
13.
Clerk : nama petugas
14.
Date : tanggal pengisian
15.
Warna biru : personal
warna merah muda : tamu VIP
warna kuning : travel agent
warna hijau : tamu rombongan
warna merah muda : tamu VIP
warna kuning : travel agent
warna hijau : tamu rombongan
4.Reservation Form

Keterangan :
1. Reservation
number / rsv.no : diisi nomor folio sesuai pada conventional chart
2. New
booking : tamu yang baru memesan
Amandement : perubahan pada tanggal atau tipe kamar dll
Cancellation : pembatalan pemesanan
Amandement : perubahan pada tanggal atau tipe kamar dll
Cancellation : pembatalan pemesanan
3. Name
of the guest : nama tamu yang akan menginap
4. Arrival
date : tanggal kedatangan
By : trasportasi yang digunakan
flight no : nomor penerbangan
ETA / Etimed Time Arrive : perkiraan waktu kedatangan
By : trasportasi yang digunakan
flight no : nomor penerbangan
ETA / Etimed Time Arrive : perkiraan waktu kedatangan
5. ETD
: tanggal kenerangkatan
By : trasportasi yang digunakan
flight no : nomor penerbangan
ETD / Estimed Time Departure : perkiraan waktu keberangkatan
By : trasportasi yang digunakan
flight no : nomor penerbangan
ETD / Estimed Time Departure : perkiraan waktu keberangkatan
6. Booked
by : cara yang dilakukan tamu dalam pemesanan (phone , letter/fax , personal
,other )
7. Type
of room :type kamar yang dipesan
8. Number
of room : banyak atau jumlah kamar yang dipesan
Room rate : harga kamar per malam
remarks : permintaan khusus
Room rate : harga kamar per malam
remarks : permintaan khusus
9. Company
name : nama perusahaan yang melakukan pemesanan
10. Addres
: alamat tamu yang bisa dihubungi
11. Contact
: nama tamu yang memesan
12. Phone
no : nomor telepone tamu yang bisa dihubungi
13. Fax
no : nomor fax yang bisa dihubungi
14. Billing
intruction charge to : carapembayaran yang dilakukan tamu
15. Chart
: tanggal dan nomor folio saat pemesanan
16. Room
slip : mengisi tanggal dan nama tamu yang menginap
17. Confirmation
: dicentang apakah sudah melakukan konfirmasi atau belum
18. Accepted
by : nama petugasbyang menerima pemesanan yang dilakukan
Date : tanggal pemesanan
Date : tanggal pemesanan
19. Computer
input by : petugas yang memasukkan data ke komputer
Date : tanggal memasukkan data ke komputer
Date : tanggal memasukkan data ke komputer
5.Buku
Harian Conventional Chart & Coventional Chart
|
BUKU HARIAN
CONVENTIONAL CHART
Month :……………………………. Page
:………………………..
|
NO
FOLIO
|
NAME OF GUEST
|
REMARKS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1.
Month : di isi bulan berdasarkan
conventional chart
2.
Page : diisi nomor halaman / nomor urut
3.
No.folio:diisi nomor folio tamu yang
menginap
4.
Name of guest : nama tamu yang menginap
Conventional Chart

Keterangan :
1.
Month : bulan pemesanan menurut pesanan
tamu
2.
Year : tahun
3.
Room number :no kamar
4.
Date : tanggal 1 sampai 31
5.
Type of room : type kamar
6.Cash
Receipt

Keterangan :
1. No.
: diisikan nomor urut pada lembar cash receipt
2. Reservation
form : diisikan nama tamu yang melakukan transaksi tau pembayaran
3. Room
no : diisikan nomor kamar yang ditempati oleh tamu tersebut
4. A
sum of : diisikan tingginya nilai mata uang dengan satuan rupiah dan angka
5. Says
: diisikan jumlah bilangan yang tersedia pada A sumof dengan menggunakan huruf
6. Payment
of : diisikan pembayaran tersebut dilakukan untuk pembayaran apa, misalnya DP 1 malam untuk kamar supriyadi
suite
c/i 18 november 2014
c/o 20 november 2014
c/i 18 november 2014
c/o 20 november 2014
Setelah kata “Blitar”
diisikan tanggal pembuatan cash receipt dengan date and time stamp / tanggal
saat melakukan transaksi , serta dibawahnya diberi tanda tangan petugas
reservasi beseta namanya dan kemudian memberikan stampel logo hotel disamping
tanda tangan petugas.
oleh ikasuryani(RancanganKReservasi.com)


PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
BalasHapusInformasi Peminjam:
Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: vicksheddyloancompany@gmail.com